Rabu, 31 Maret 2010

Forum SKPD Diminta Jadi Media Optimalisasi Koordinasi Instansi Pemda

Robin : Guna Sinkronisasi Pembangunan dan Rancangan Renja SKPD

BONE BOLANGO (SP) – Guna mengsinkronkan Rancangan Renja SKPD kabupaten dan usulan kegiatan prioritas hasil Musrenbang kecamatan dalam mengupayakan pencapaian sasaran prioritas pembangunan daerah dan nasional dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2011. Pemerintah daerah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bone Bolango, Kamis (4/3) menggelar Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango. Kegiatan yang dipusatkan di Restaurant Nyiur Indah Kota Gorontalo itu, di buka Bupati Bone Bolango yang diwakili Asisten I Pemerintahan dan Tata Praja Setdakab Bone Bolango Drs. Hi. Yudhi Ekwanto, M.Si.
Dikatakan Yudhi Ekwanto Forum SKPD adalah merupakan salah satu tahapan kegiatan perencanaan pembangunan sebuah daerah yang bersifat rutinitas tahunan, dan merupakan kelanjutan dari tahapan perencanaan pembangunan yang diselenggaran oleh pemerintah daerah di wilayah desa dan kecamatan. Dimana kegiatan perencanaan secara berjenjang dan terpadu melalui musyawarah pembangunan di tingkat desa dan kecamatan tersebut, tentunya telah memperoleh hasil berupa rancangan perencanaan pada masing – masing wilayah yang Insya Allah nanti dapat disinergikan dengan rancangan perencanaan pembangunan pada masing – masing satuan kerja perangkat daerah yang ada, sehingga akan diperoleh sinkronisasi antara komponen perencanaannya.
Kepala Bappeda Drs.Hi. Robin H. Daud, M.Si mengatakan Forum gabungan SKPD dimaksud dalam rangka mensingkrodinisasikan prioritas kegiatan pembangunan dari berbagai kecamatan dengan Rancangan Rencana Kerja Satuan Perangkat Daerah (Renja SKPD). Menetapkan prioritas kegiatan yang akan dimuat dalam Renja SKPD, menyelesaikan prioritas Renja SKPD dengan plafon/pagu dana SKPD yang termuat dalam prioritas pembangunan daerah (Rancangan Rencana Kerja Pemerinta Daerah dan mengidentifikasi keefektifan berbagai regulasi yang berkaitan dengan fungsi SKPD, terutama untuk mendukung terlaksananya Renja SKPD.
“Saya berharap Forum SKPD tahun ini akan menjadi media efektif dalam rangka optimalisasi koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku dan lintas pelaku pembangunan untuk menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi dan sinergitas perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan daerah di Kabupaten Bone Bolango,”terang Robin Daud.(SP-ROTI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar