Sabtu, 27 Maret 2010

Peringatan Maulid Nabi di Bonbol Semarak


BONE BOLANGO (SP) – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kabupaten Bone Bolango terbilang semarak. Pasalnya perayaan Maulid Nabi kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini bisa dilihat dari pantauan di lapangan bahwa pelaksanaan peringatan Maulid Nabi, khususnya di Masjid Agung Al Marhamah di Kecamatan Suwawa yang dibuka Bupati Bone Bolango diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) DR.Hi.Ridwan Tohopi, M.Si yang dilangsungkan dengan tradisi lokal dan nasional.

Selain itu, peringatan Maulid Nabi tahun ini juga disemarakkan dengan parade dan festival Walima yang diikuti oleh seluruh SKPD dan Camat se Kabupaten Bone Bolango yang mengambil start di lapangan Likada-Kabila menuju Masjid Agung Al Marhamah.
Sekda Ridwan Tohopi mengatakan, pelaksanaan Maulid Nabi di daerah Gorontalo khususnya di Kabupaten Bone Bolango dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hal ini sudah menjadi tekad masyarakat Gorontalo untuk melestarikan Budaya Gorontalo yang berfalsafakan Adat bersendikan Syara, dan Syara bersendikan kitabullah.

Diharapkannya, agar masyarakat Bone Bolango, khususnya para pezikir agar tidak hanya sekedar menghadiri, tapi dapat mengambil nilai safaat dan manfaatnya, sehingga benar-benar dengan merayakan Maulid Nabi ini kita bisa mengambil pahala dan amal ibadah. Menjalin rasa persatuan dan kesatuan yang mengarah kepada rasa kebersamaan antar sesama muslim, terutama dalam rangka untuk meningkatakan Ukhuwah Islamiyah.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Kepala Bagian Kesra Dra.Ha. Merri S Ngadju, MMPub mengatakan, tujuan pelaksanaan Maulid Nabi adalah selain dalam rangka doa syukuran atas diturunkan-Nya seorang yang berakhlak mulia sebagai Rahmatan Lil’alamin yakni Nabiyullah Muhammad SAW juga sebagai implementasi iman dan taqwa kepada Allah SWT. Selain itu, perayaan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan melestarikan Budaya daerah yang berfalsafah Adat bersendikan Syara’ dan Syara’ bersendikan Kitabullah.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad yang dipusatkan di Masjid Agung Kabupaten Bone Bolango Al Marhamah, Kamis malam (25/2) itu, dihadiri Asisten I Setdakab Bone Bolango Drs.Hi. Yudhi Ekwanto dan Asisten II Ir. Ha. Nilda Tulen, sebagian besar pejabat, Kadhli Bone Bolango Ustadz HI. Moh. Aldes Ilahude, pemangku-pemangku adat, dan jamaah masjid Al Marhamah serta masyarakat pezikir.(SP-Roti/13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar